Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Ribuan BB Dimusnahkan Kejari Pati

Kajari Pati memimpin kegiatan pemusnahan barang bukti pada Rabu (12/8/2020). Foto : Wisnu
Pati - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pati melakukan pemusnahan ribuan botol minuman keras (miras), narkoba dan senjata tajam hasil Barang Bukti (BB) dan rampasan yang dianggap sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan BB yang digelar di halaman kantor Kejari Pati, Rabu (12/8/2020), dihadiri Kepala Kejari Pati Darmukit, Kasat Reskrim Polres Pati Sudarno, Kasatnarkoba Polres Pati Puji Raharjo, Dinas Kesehatan dan seluruh staf Kejari Pati.

Kepala Kejari Pati Darmukit disela-sela kegiatan Pemusnahan BB mengatakan, kegiatan pemusnahan ini dilakukan atas dasar kekuatan hukum tetap atau inkracht dari pengadilan, serta mengamanatkan undang-undang untuk melaksanakan putusan yang dilakukan oleh kejaksaan.

"Ini adalah pemusnahan BB, dari pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht," Ungkapnya.

Pemusnahan BB ini, lanjutnya, berasal dari beberapa perkara, diantaranya kasus narkoba sebanyak 16 perkara, dengan 1376 butir dan tablet ekstasi; minuman keras (miras) dengan 18 perkara sebanyak 2150 botol; ditambah dengan perkara perjudian, senjata tajam (sajam) dan perkara cabul.

"Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran kepolisian, Pengadilan, dan kawan-kawan atas kerjasamanya yang baik," ujarnya.

Sesuai aturan, pelaksanaan pemusnahan BB ini sudah disesuaikan dengan amanat UU KUHAP, pasal 270, dan UU Kejaksaan pasal 30 ayat 1, dan UU Kekuasaan Kehakiman pasal 53 ayat 1, yang semuanya itu mengamanatkan bahwa pelaksanaan putusan pengadilan itu dilakukan oleh jaksa.

"Pada tahap eksekusi ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat masyarakat," jelas Darmukit.

Pemusnahan miras sendiri dilakukan dengan cara menggilas botol-botol minuman menggunakan alat berat, sedangkan ribuan narkoba yang dimusnahkan dengan cara diblender, adapun yang lain seperti sajam dipotong menggunakan gurinda, dan BB yang lain ada yang dibakar.(WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.