Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Tak Juga Ada Penertiban Pedagang Ilegal, Pedagang Pasar Kayen Pati Protes

Pedagang Pasar Kayen protes keberadaan pedagang ilegal yang berjualan di luar pasar. Aktivitas pedagang di luar pasar itu sangat mengganggu penjualan mereka. Foto : Wisnu. 
Pati - Puluhan pedagang Pasar Kayen melakukan aksi unjuk rasa di halaman Pasar Kayen Selasa (25/8/2020). Aksi spontan yang dilakukan puluhan pedagang ini atas kekesalannya kepada Kepala Pasar yang dianggap tidak bisa menertibkan para pedagang liar yang berjualan di area parkir dan berimbas para pedagang yang di dalam pasar banyak yang tidak laku dagangannya.

Para pedagang yang kesal melakukan aksinya dengan membagi-bagikan dagangannya ke masyarakat yang melintas, selain itu untuk dagangan yang busuk dan tidak terjual langsung dibuang di tengah jalan sebagai bentuk kekecewaan para pedagang kepada pegawai pasar yang tidak bisa menertibkan para pedagang liar yang berjualan di area parkir halaman pasar.

Salah satu perwakilan pedagang pasar Kayen Heru Darsono yang ikut aksi mengaku bahwa kekesalan para pedagang ini dipicu dari oknum pegawai pasar yang menyuruh demo kepada para pedagang yang menuntut para pedagang liar yang selama ini tidak bisa ditertibkan.

"Para pedagang ini kalau tidak disinggung suruh demo soal tuntutannya, maka mereka (pedagang, red) tidak akan demo, apalagi soal tuntutannya sejak 1 bulan lalu yang tidak direspon oleh pihak pegawai pasar," ungkapnya.

Dalam tuntutannya, para pedagang meminta kepada kepala pasar untuk bisa menertibkan para pedagang yang berjualan di area parkir pasar, sebab hal itu menyebabkan tidak lakunya para pedagang yang berjualan di dalam pasar, apalagi janji yang pernah disampaikan sejak 1 bulan lalu untuk menertibkan, namun ternyata sampai sekarang tidak direspon oleh pihak kepala pasar.

"Buat apa pasar dibangun, kalau masih ada pedagang yang berjualan liar di halaman pasar, apalagi yang digunakan itu kan lokasi tempat parkir, jadi saya minta kepada Gubernur, Bupati dan Kepala Disperindag untuk bisa menertibkan," cetusnya.

Ditemui terpisah, Kepala Pasar Kayen Sunartomengaku akan menertibkan para pedagang liar yang berjualan di area parkir halaman pasar. Pihaknya menandaskan soal penertiban para pedagang liar di area parkir yang selama ini menjadi tuntutan para pedagang sudah dilakukan, hanya saja hal itu butuh tahapan untuk mengatur proses pemindahan para pedagang.

"Sudah kita lakukan untuk pemindahan, karena itu butuh tahapan, tidak bisa langsung," ujarnya.

Ia mengaku para pedagang yang berjualan di area halaman pasar bukan pedagang asli, namun para pedagang tiban (baru, red), dan para pedagang ini rata-rata hanya berjualan dari pukul 03.00 sampai pukul 05.00 WIB, dan sesuai rencana akan segera ditertibkan.

"Malam ini akan segera kita tertibkan, dan saya juga akan menyurat ke Bupati untuk meminta bantuan ke Satpol PP agar bisa membantu untuk menertibkan," pungkasnya. (WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.