Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Terkait Penolakan LPP APBD Kota Tikep, Pimpinan DPRD Temui BPK

Pimpinan DPRD Kota Tikep bersilaturahmi dengan BPK Perwakilan Maluku Utara, Rabu (26/8). Foto : Sukardi.
Tidore - Pimpinan DPRD Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Rabu (26/8), melakukan kunjungan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara. Kegiatan itu dipimpin langsung Ketua DPRD Ahmad Ishak, Wakil Ketua DPRD Mochtar Djumati serta Ratna Namsa.

Wakil Ketua I DPRD Tikep, Mochtar Djumati saat dikonfirmasi terkait dengan kunjungan ke BPK mengaku kunjungan yang dilakukan hanya sebatas silaturahmi. Mochtar menegaskan, silaturahmi juga sekaligus dengan membicarakan beberapa hal salah satunya terkait dengan penolakan LPP APBD.

"Jadi pertemuan tadi itu, sebenarnya untuk menyampaikan beberapa hal, terkait dengan penolakan LPP APBD," ujarnya.

Mochtar mengaku, dalam pertemuan terkait dengan penolakan LPP APBD, DPRD sendiri tidak meragukan soal pemeriksaan dari BPK.

"Jadi saya bicara ini bukan atas nama lembaga, karena nanti juga akan diserahkan rekomendasi ke BPK. Tapi, pada prinsipnya, Fraksi Nasdem apa yang dilakukan BPK terkait pemeriksaan tidak ada diragukan. Tetapi kami perlu untuk menyampaikan ke BPK bahwa terkait beberapa temuan, karena ada sejumlah hal dalam pembahasan itu tidak dijawab, serta ada kejanggalan-kejanggalan sehingga beberapa fraksi kemudian menolak," terangnya.

Mochtar mengatakan dalam pertemuan juga dirinya telah menjelaskan item-item kegiatan yang diperiksa BPK sudah sesuai.

"Kita juga menyampaikan dalam pemeriksaan BPK itu sudah sesuai dan item-item juga sudah diambil sampel, jadi apa yang ditemui DPRD itu adalah sampel-sampel yang tidak diambil BPK. Jadi temuan BPK itu tidak salah, hanya saja DPRD melihat lebih jauh lagi daripada temuan itu sendiri," tegasnya.

Mochtar menambahkan, pada intinya pemeriksaan BPK itu hanya memenuhi standar akuntansi pemerintah daerah.

"Jadi setelah itu, kami di DPRD melakukan secara komprehensif. Misalkan program yang disampaikan itu kami melihat sampai outcome dan outputnya. Yang pasti, tadi BPK juga merespon positif atas kerja-kerja DPRD sendiri," tandasnya.

Mochtar juga mengaku rekomendasi ke BPK akan disampaikan secepatnya."Pada prinsipnya kita akan tetap mengajukan rekomendasi ke BPK untuk diminta pemeriksaan lanjutan," pungkasnya.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.