Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Dua Mantan Napi Lapas Kelas 2B Pati Terancam Dikirim ke Nusakambangan


PATI
- Dua orang mantan narapidana yang pernah mendapatkan asimilasi di Lapas Kelas 2B Pati Jawa Tengah terancam akan dikirim ke Nusakambangan. Hal itu menyusul lantaran keduanya kembali berulah setelah mendapatkan asimilasi pada 3 April 2020 lalu.  

Kasubsi Registrasi Dan Bimkemas Lapas Kelas 2B Pati Krismiyanto kepada wartawan mengatakan, Kedua Napi itu adalah M. Mahmud (MM) dan David Alfa Ristanto (DAR). MM sebelumnya tersandung kasus pencurian dengan pasal 363 pidana 6,2 tahun, dan DAR yang sebelumnya tersandung kasus narkotika dengan pidana 4,6 tahun kembali melakukan perbuatannya lagi.

"Keduanya mendapatkan asimilasi pada 3 April 2020, namun untuk MM kembali berulah di wilayah hukum Kudus, dan DAR kembali berulah di wilayah hukum Poltabes Semarang, dan keduanya sekarang masih dalam proses hukum oleh aparat kepolisian," katanya.

Krismiyanto.
 

Keduanya, Kata Krismiyanto, Saat ini sudah dilaporkan ke Lapas Kelas 2B Pati. Setelah menjalani proses hukum, maka keduanya akan ditambah pidana yang dijalani diluar dengan pidana baru dan pencabutan asimilasi.

"Sesuai prosedur bagi warga binaan apabila belum ada efek jera dan selama proses asimilasi belum selesai, maka sesuai arahan menteri apabila melakukan tindak pidana lagi akan diambil tindakan tegas dan kemungkinan akan dikirim ke nusakambangan, untuk mendapatkan pembinaan yang lebih ketat, sebab selama ini sudah diberi keringanan pemerintah namun disalah gunakan,"Tegasnya. 


Dijelaskan, Sampai saat ini bagi warga binaan yang mendapatkan asimilasi di Lapas Kelas 2B Pati ada sebanyak 241 per 15 September 2020, dan jumlah tersebut yang gagal dan kembali berulah hanya 2 orang."Sesuai nominalnya untuk jumlah tersebut dianggap berhasil, karena warga binaan yang kembali berulah masih sedikit," ujarnya.(WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.