Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Sabet Juara FLS2N, Siswa SMKN 2 Pati Akan Maju Tingkat Nasional

Iqbal bersama kepala sekolah SMKN 2 Pati. Foto : Wisnu.

Pati - 
Menjadi kebanggan sendiri bagi Nur Muhammad Iqbal Ardiansya, Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Pati yang berhasil menyabet juara 1 lomba film pendek dokumentar tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). 

Film pendek dokumenter yang berjudul "Janda Tua di Tengah Pandemi", itu sesuai rencana akan diikutkan dalam perlombaan di ajang FLS2N tingkat nasional dan akan bersaing dengan siswa-siswa lain yang ada di seluruh Indonesia.

Iqbal saat ditemui sejumlah wartawan mengaku, bahwa film dokumenter yang berdurasi 5 menit ini sudah lolos dalam lomba FLS2N tingkat Jawa Tengah dan akan masuk jenjang nasional.

"Film ini saya buat atas ide ibu saya, dan informasi dari media sosial, lalu saya curahkan melalui film dokumentar," ungkapnya Sabtu (26/9/2020).

Menurutnya, cerita yang diangkat ini atas dasar bantuan sosial dari pemerintah yang tidak diterima oleh para janda-janda tua yang berada di wilayah Desa Tamansari Kecamatan Tlogowungu pada masa pandemi, sehingga ada inisiatif untuk membuatnya dalam bentuk film dokumentar.

Iqbal, siswa SMKN 2 Pati yang menjuarai lomba film pendek tingkat Provinsi Jawa Tengah. Foto : Wisnu.

Dalam pembuatannya, selama ini yang menjadi kendala adalah soal koneksi dan pengumpulan data, dan pembuatannya menggunakan sistem daring jarak jauh, setelah terkumpul diedit selama 3 hari, dengan proses masa produksi selama 3 minggu dengan durasi 5 menit saja.

"Untuk prosesnya melibatkan 3 orang, saya sebagai sutradara, ayah saya sebagai kameramen, dan teman saya bagian pengumpulan data," katanya.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 2 Pati Wijanarko mengaku bangga atas prestasi yang diraih siswanya dalam pembuatan film dokumentar, ini baru pertama kali SMKN 2 meraih juara tingkat Provinsi dalam ajang lomba FLS2N, karena sebelumnya belum pernah berhasil.

"Prestasi ini adalah yang pertama kali, Jadikalah ini awal untuk berkarya, dan semoga bisa juara juga di tingkat nasional," harapnya. (WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.