Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Demo Rusuh, Presiden Jokowi Kunker ke Kalteng

Lobi kantor Kementerian ESDM yang dirusak massa aksi tolak UU Cipta Karya, Kamis (8/10).

Jakarta -Aksi buruh, mahasiswa dan elemen masyarakat yang berlangsung pada Kamis (8/10) ini berakhir klimaks. Rusuh di mana-mana. 

Unjuk rasa di Jakarta, beberapa fasilitas publik menjadi sasaran amuk massa. Halte bus trans Jakarta di sekitar Bundaran Hotel Indonesia dibakar. Pos Polisi di seputar Monas juga dibakar. Pun demikian dengan Pos Polisi yang berada di Tugu Tani, hangus terbakar. 

Kondisi serupa terjadi di daerah. Di Yogyakarta, aksi massa berakhir ricuh di seputar Jalan Malioboro. Salah satu ikon Yogyakarta ini terlihat mencekap ketika massa terlihat melempar batu ke arah aparat Kepolisian. Para pedagang di sana pun berlindung agar tidak terkena imbas kericuhan itu. 

Dekat dengan gedung DPRD Yogyakarta terlihat bangunan terbakar. Namun, gedung DPRD Yogyakarta tidak terbakar akibat aksi demo itu. 

Begitu pula dengan aksi serupa di Makassar. Mahasiswa sejumlah perguruan tinggi menentang pengesahan RUU Cipta Kerja dan meminta pembatalan UU Cipta Kerja yang baru disahkan pada Senin (5/10) kemarin.

Pada beberapa daerah lain juga demikian. Bandung setelah Rabu (7/10) kemarin ricuh, pada hari ini Gubernur Jawa Barat Ridhwan Kamil menemui massa dan meminta perwakilan buruh untuk membacakan surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang meminta agar Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) atas disetujuinya RUU Cipta Karya menjadi UU pada Senin (5/10) kemarin.

Surabaya juga demikian. Akis massa juga berakhir ricuh. Beberapa fasilitas publik tak luput dari amuk massa. Sejumlah taman kota rusak. 

Untuk di Ibu Kota Jakarta, massa aksi akan bergerak ke Istana Negara. Namun aparat sigap dengan menahan pergerakan massa di sekitar area monas dan Harmoni. 

Aksi yang semula damai pun berakhir ricuh.  Tak hanya pos polisi dan halte trans Jakarta, perkantoran Kementerian ESDM ikut menjadi sasaran amuk massa. Area lobi kantor rusak sampai ke dalam. Mobil yang parkir di area parkir samping Kementerian ESDM juga tak luput dari sasaran amuk massa. 

Ketika massa bergerak ke Istana Negara, sejak kemarin Presiden Joko Widodo tidak berada di Jakarta. Beliau sejak kemarin ke Solo, mampir sebentar ke Yogyakarta dan hari ini Presiden Joko Widodo ke Kalimantan Tengah untuk melakukan kunjungan kerja. (AR/MHJ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.