Header Ads

https://bizlawnews.id/

Tujuh Lembaga Survei Nasional; HT-UMAR Unggul 51,01 Persen Melewati Dua Rivalnya

Calon Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes popularitasnya sangat tinggi dan masih menjadi harapan masyarakat untuk meneruskan pembangunan di sana. Foto : Ekhy Drakel.

Sanana - 
Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) nomor urut 1 Hendrata Thes dan Hi. Umar Umabaihi semakin melaju di titik kemenangan.


Hal tersebut dibuktikan melalui tujuh Lembaga Survei Nasional yang telah merilis keunggulan 8 Calon Bupati/Walikota di Maluku Utara, salah satunya di Kabupaten Kepulauan Sula.


Dari 40 Lembaga survei resmi yang terdaftar di KPU namun hanya tujuh yang melakukan survei di Maluku Utara, yakni Lembaga Survey Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KEDAIKOPI), Lembaga Survey Poltracking Indonesia.


Lembaga Survey Indonesia Research And Survey (IRES), Lembaga Survey Indikator Politik Indonesia, Lembaga Survey Indekstat Konsultan Indonesia, Lembaga Survey Jaringan Suara Indonesia dan Lembaga Survey Independen Malut (LSIM).


Melaui hasil survey tujuh lembaga survey nasional tersebut menunjukan bahwa HT-UMAR unggul jauh melewati dua rivalnya, Paslon nomor urut 2  Zulfahri Abdula Duwila dan Ismail Umasugi (ZADI-IMAM) dan Paslon nomor 3 Fifian Adeningsi Mus dan M.Saleh Marasabessy (FAM-SAH) dengan peresentasi HT-UMAR 51,01 persen, ZADI-IMAM 19,00 persen dan FAM-SAH 22,04 persen. Sedangkan warga yang belum menggunakan pilihan nya lebih menurun,tinggal 7,05 persen.


Jubir Paslon HT-UMAR, Hi. Faruk Bahanan kepada media, Kamis (03/12/2020) memaparkan bahwa,  hasil survei dari tujuh lembaga survey nasional itu juga diperkuat dengan rilis survey internal kami dan beberapa pihak lain, yaitu rata-rata menunjukan keunggulan Paslon HT-UMAR.


Faruk menuturkan, paslon HT-UMAR ditempatkan pasda posisi calon istimewa karena, nama Hendrata Thes sangat melekat di masyarakat perdesaan dan pelosok serta memori pemilih pada uji top of mind. Kemudian, memiliki popularitas tertinggi.

Ia menerangkan, hasil survei yang dirilis tujuh lembaga adalah survei ilmiah yang bertanggung jawab, dilakukan oleh lembaga kredibel. Survei dari lembaga kredibel dan tersertifikasi seperti ini cenderung selalu berbanding lurus dengan hasil akhir yang diumumkan lembaga penyelenggara pemilu.


"Hasil survei dari tujuh lembaga ini yang menunjukkan  keunggulan Paslon HT-UMAR sebesar 51,01 persen, mendekati angka capaian target yang ditetapkan yakni 55-60  persen,” sebutnya.


Menurutnya, hasil survei ini tidak saja menambah optimisme, tapi juga bisa jadi suplemen untuk memenuhi target kemenangan bagi Paslon HT-UMAR. Selain itu, terdapat kesesuaian hasil survei tujuh lembaga dengan hasil analisa faktual relawan berdasarkan data pemilih tetap di seluruh posko di desa-desa.


“Hasil analisa relawan dengan basis DPT cukup detail. Peta dukungan pemilih terhadap kontestan terlihat lebih fokus. Secara umum Paslon HT-UMAR masih tetap dominan jelang hari pencoblosan,” ungkapnya.


Paslon HT-UMAR sesungguhnya sudah berada di posisi aman. Bukan menang, tetapi unggul. Nah, saat ini yang perlu dijaga adalah mempertahankan hasil survei itu.


Paslon HT-UMAR bisa dikalahkan ketika terjadi praktek curang transaksional. Apalagi, swing voter sebesar 31,1 persen berdasarkan hasil survei tujuh lembaga adalah potensi besar yang bisa dan mudah diarahkan dengan uang," ujarnya. (EDL).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.