Header Ads

https://bizlawnews.id/

DKP Halsel Fokus Perikanan Tangkap dan Budidaya di Tahun 2021

Kepala DKP Halsel Iksan Subur.

HALSEL
- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, pada tahun 2021 akan lebih memfokuskan perhatiannya pada dua program penting yakni perikanan tangkap dan budidaya.

Hal ini di sampaikan oleh Kepala DKP Kabupaten Halmahera Selatan Iksan Subur. Saat diwawancarai di ruang kerjanya pada Kamis  (18/02/2021), ia mengatakan bahwa program prioritas yang akan didorong dan manjadi perhatian penuh ada dua pokok, yakni perikanan tangkap dan budidaya.

"Dari sisi budget kami kurang lebih Rp14 miliar melalui dana DAU (Dana Alokasi Umum,.-red) kurang lebih Rp12,5  miliar dan difokuskan ke bidang perikanan tangkap kurang lebih 80%  sisanya perikanan budidaya. Sementara dana  DAK (Dana Alokasi Khusus,-red) Rp.1,5 miliar," papar Iksan Subur

Ia juga mengutarakan, PT. Perinus (PT.Perikanan Nusantara,-red) pada tahun 2019 dan 2020 telah melakukan ekspor ikan ke luar negeri. Dari yang sudah diinformasikan ke publik, ada sebanyak dua kali. Malahan, saat ini proses ekspor masih berjalan. "Sampai saat ini kami belum menerima data resmi dari PT. Perikanan Nusantara ( Perinus)," tandasnya.

Dia menambahkan tahun 2020 - 2021 untuk jumlah ikan yang ekspor keluar negeri akan mengalami penurunan akibat bencana non alam covid-19 yang melanda dunia,sudah pasti berpengaruh sampai pada proses penangkapan ikan oleh nelayan. (UDI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.