Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Maret 2021 Mendatang PT Perinus Halmahera Selatan Akan Kembali Ekspor Ikan

Setelah beberapa saat tidak melakukan ekspor karena suplai ikan berkurang yang disebabkan cuaca pancaroba dan pandemi covid-19, PT Perinus Cabang Halmahera Selatan merencanakan pada Maret 2021 mendatang akan kembali melakukan ekspor. Foto : Udi

Halsel -
PT. Perikanan Nusantra (Perinus) Cabang Halmahera Selatan,Maluku Utara akan kembali melakukan ekspor ikan pada bulan Maret 2021 mendatang. 

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PT. Perinus Cabang Halmahera Selatan Supono,saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/02/2021). Ia menyampaikan, PT Perinus sebelumnya sempat empat kali melakukan ekspor ke beberapa negara yakni Cina, Jepang, Australia dan Santos. Sementara itu, produksi ikannya juga untuk domestik seperti ke Jakarta dan Surabaya.

Dia juga menambahkan, ekspor terakhir pada bulan Maret 2020 dengan kuota sebanyak 25 ton (1 kontener). Namun, karena terkendala musim pancaroba ditambah pandemi Covid-19, hasil tangkapan nelayan binaan PT Perinus Cabang Halmahera Selatan menjadikan pihaknya belum melakukan ekspor lagi. Selain terkendala cuaca dan pandemi covid-19, kondisi harga ikan dunia cukup fluktuatif. 

"Sejauh ini alhamdulillah kami sudah berkoordinasi dengan pihah terkait. Saat ini nelayan binaan kami juga sudah bisa melakukan aktivitas penangkapan ikan secara bebas, berbeda dengan beberapa bulan lalu karena pandemi corona aktivitas masyarakat juga dibatasi hingga pukul 22.00 WIT. Sekarang ini keadaan sudah membaik sehingga kami berharap kalaupun bahan baku kita mencukupi dan mengalami lonjakan, maka insyaallah pada bulan Maret 2021 nanti kami akan melakukan ekspor kembali," papar Supono.

Dirinya juga berharap kepada Pemerintah Daerah melalui dinas terkait agar dapat menertibkan pengepul yang berasal dari luar daerah. "Tolong ada penertiban dan kami berupaya juga untuk memberikan kontribusi maksimal dalam PAD (Pendapatan Asli Daerah,-red) Halmahera Selatan," pungkasnya. (UDI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.