Header Ads

https://bizlawnews.id/

Berdayakan Potensi Desa, BUMDes Bina Usaha Jaya Sumatinggi Halsel Dibentuk


HALSEL -
  Pemerintah Desa Sumatinggi telah resmi membentuk Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Bina Usaha Jaya.

Pasalnya, badan usaha yang di kelola langsung oleh masyarakat ini,disinyalir bergerak pada sektor perikanan,retribusi,maupun usaha kecil lainnya berupa toko desa.

Untuk Meningkatkan Kemampuan, Wawasan serta Pengalaman para pengelola BUMDES maka bumdes bina usaha jaya menyelenggarakan BIMTEK BUMDes atau bimbingan teknis bagi para pengelola BUMDes agar bisa meningkatkan pendapatan asli Desa. 

Tujuan utamnya dari Bimtek BUMDes ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Desa. Bimtek BUMDes ini memiliki tujuan agar bisa menggunakan aset yang dimiliki desa dengan lebih baik lagi dan menguntungkan berbagai kalangan. Bisa Mengelola Setiap potensi ekonomi yang ada dan meningkatkan kemampuan serta pengetahuan masyarakat desa dalam hal peningkatan ekonomi.

Untuk materi yang akan diberikan dalam BIMTEK BUMDes ini adalah mengenai Filosofi BUMDes, Tata Kelola Desa yang baik, Penggalian Potensi Desa, Sistem Akuntansi BUMDes serta kunjungan langsung ke BUMDes terbaik.

Dengan materi-materi yang diberikan tersebut diatas maka diharapkan peserta dapat dengan mudah membuat sebuah BUMDes dimulai dengan bagaimana cara agar bisa berdiri dan bisa mengetahui strategi apa yang perlu diterapkan agar BUMDes yang didirikan bisa bermanfaat untuk berbagai kalangan masyarakat di Desa Sumatinggi.

Turut hadir Bimtek di Desa Sumatinggi Hardyanto Umar, Kasi pembina dan Pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, DPMD Halmahera Selatan.

Ia mengatahkan, pengelolaan keuangan desa adalah   semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dgn uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yg berhubungan dgn pelaksanaan hak dan kewajiban desa. 

Pengelolaan dana desa meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan.

Camat Kecamatan Bacan Kabupaten Halmahara Selatan dimana turut menghadiri Bimtek Bumdes Desa Sumatinggi. 

Ia mengatakan terkait dengan terbentuk BUMDes Desa Sumatinggi ini saya rasa sudah cukup jelas karna itu sesuawai dengan SDDS di manah kementrian Desa sudah canamkan  porgram ini diseluruh Indonesia  khususnya di Desa Sumatinggi.

"Maka dengan adanya Covid 19 saat  ini, harapan kami kepada  kepada pengurus bumdes harus komitmen sehingga bumdes ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi  dan dibisa memanfatkan masyarakat untuk pendapatan desa di masa pandemi covid 19." Ucap Camat Bacan.

Pengelolaan keuangan desa adalah   semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dgn uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yg berhubungan dgn pelaksanaan hak dan kewajiban desa. 

Pengelolaan dana desa meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan. Hardyanto umar, Kasi Pembinaan dan Pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, DPMD Halmahera Selatan.

Terkait Bumdes yang katanya di angarkan 100 juta untuk tahun 2021. Dibenarkan kepala desa sumatinggi ( Nusajaya ). Irwan Sandia membenarkan bahwa itu hasil musawara desa ( Musdes )  maka  itu sudah diangarkan tinggal menunggu pencairan saja 

Irwan Sandia. Menambahkan yang akan di kelolah bumdes adalah di sektor perikanan, sembilan bahan pokok, dan Aer gelon kita juga akan buat borosur nantinya kita tawarkan ke desa - desa tetangga. (UDI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.