Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Gandeng Kodim 1509/Labuha, Baznas Halsel Bentuk Unit Zakat

Penyampaian sosialisasi zakat dan pembentukan Unit Zakat di Kodim 1509/Labuha. Foto : Udi

HALSEL -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara mengunjungi Kodim 1509/Labuha untuk mensosialisasikan dan pembentukan Unit Pelayanan Zakat (UPZ) pada Kamis (04/03).

Kedatangan Badan Pengurus Baznas Halsel diterima oleh Pasilog Kapten Czi Mustamin yang mewakili Dandim 1509/Labuha.

Pelaksanaan kegiatan bertempat di Aula Makodim 1509/Labuha Jalan Sapta Marga Kampung Makian Kecamatan Bacan Selatan. 

Ketua Baznas Halsel Jufri Lamoro, didampingi Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf Kementerian Agama Kabupaten Halsel Atib Ajid S.Ag. menyatakan, berdasarkan Undnag-Undang Nomor 23 Tahun  2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Pembentukan Unit Zakat. pihaknya membentuk Unit Zakat di Kodim 1509/Labuha. 

Selain itu, Jufri Lamoro juga menyampaikan, kegiatan itu juga untuk mensosialisasikan keberadaan Lembaga Negara Non Kementerian tetapi dibawah pengawasan oleh Kementerian Agama.  

Baznas Halsel akan menghimpun dan mengumpulkan Zakat, Infaq dan Sedekah serta menyalurkan kepada yang berhak menerima, maupun menyalurkan Dana Zakat melalui Program Baznas

Zakat sebagai bentuk pembersihan harta yang kita terima dan akan disalurkan di delapan golongan yang berhak, seperti : kaum fakir, miskin, ibnu sabil, fi sabilillah, mualaf, riqab, gharim, dan amil zakat.

Tidak hanya Zakat, Baznas Halsel juga menerima infaq yang akan digunakan dan disalurkan untuk Program Halsel Cerdas seperti memberikan Beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu.

Pembayaran zakat bagi umat Islam di kabupaten Halmahera Selatan dapat dilakukan dikantor Baznas secara langsung atau melalui rekening yang telah tersedia.

Alamat Kantor Baznas yang bermarkas di Lantai 1, Masjid Raya Al-Khairaat Jalan Karet Putih Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan, Halmahera Selatan.

"Bersilaturahmi dengan personil Kodim 1509/Labuha bisa mengumpulkan zakat, karena beberapa Instansi SKPD, dan Instansi Vertikal belum optimal dalam pelaksanaan pengumpulan zakat. Sehingga kami lakukan sosialisasi agar bisa lebih optimal lagi dalam penyaluran maupun pengumpulan zakat," ujar Jufri Lamoro.

Ia menambahkan, Baznas Halsel mengambil langkah-langkah untuk konsultatif dengan semua instansi, agar bisa menyalurkan zakat melalui Baznas.

"Insyaallah kami akan menyalurkan tepat sasaran seperti delapan golongan yang berhak menerima zakat serta menyalurkan infaq melalui program yang ada di Baznas," kata Jufri Lamoro. 

Sementara itu, Pasilog Kodim 1509/Labuha Kapten Czi Mustamim pada kesempatan itu mengutarakan, kehadiran Baznas dan Kementerian Agama Halsel untuk menyosialisasikan dan membentuk Unit Zakat sangat memudahkan seluruh tentara maupun non-tentara di Kodim 1509/Labuha dalam menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh. 

Kapten Czi Mustamim juga mengatakan, kehadiran mereka juga memberikan pengetahuan perlunya mengeluarkan zakat baik itu fitrah, maal maupun profesi. Kehadiran Unit Zakat Baznas juga memberikan rasa lega karena zakat, infaq dan shodaqoh mereka akan disalurkan dengan tepat sasaran.

"Kami juga akan sampaikan hasil paparan dan penjelasan dari Baznas maupun dari Kemenag Halsel kepada pimpinan kami," ungkap Pasilog Kapten Czi Mustamin. (UDI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.