Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Soal Gaji Guru Honorer di Halsel yang Belum Dibayarkan, Begini Tanggapan Sekretaris Dinas Pendidikan Halsel

Umar Iskandar Alam S.IP, MM, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan. Foto : Teropong Malut.

HALSEL - S
ejak lima bulan terakhir gaji tenaga guru honorer di  SD Negeri 105 Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, belum jua dibayarkan. 

Salah satu tenaga pengajar yang meminta namanya tidak diekspos mengungkapkan, dirinya dan beberapa guru honor di SD Negeri 105 Halsel merasa dianaktirikan karena kejadian ini. 

"Iya kami tenaga Guru honorer kesannya dianaktirikan. Sebab sampai saat ini sudah terhitung lima bulan gaji kami belum di bayar," ungkapnya.

Guru itu juga mengungkapkan, Kepala Sekolah SD Negeri 105 Halsel, sudah tiga bulan tidak berada di sekolah. Mereka mengaku, tidak mengetahui keberadaan sang kepada sekolah. 

Guru honorer SDN 105 Halsel belum terbayarkan.

Menyikapi kondisi guru honorer di SD Negeri 105 Halsel ini, Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Halsel, Umar Iskandar Alam S.IP, MM saat dikonfirmasi pada Selasa (16/03/2021) menyampaikan, untuk gaji guru honorer tahun 2020 yang namanya masuk dalam guru Guru Halsel Cerdas (GHC) itu akan dibayarkan kekurangannya. Sedangkan, lanjutnya, untuk tahun 2021 gaji guru honorer akan dibiayai dengan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) sesuai dengan kemampuan keuangan sekolah.

Umar juga mengatakan, sudah ada beberapa sekolah di Halsel yang sudah dicairkan dananya, sisanya masih menunggu pencairan anggaran oleh KPPN. Sementara itu, lanjutnya, untuk SDN 105 Halsel di Desa Tomara belum disalurkan dari pusat. "Ada 130 sekolah yang belum disalurkan termasuk SD Negeri 105 Halsel," tandasnya.

Ia juga menyampaikan, "Rekening bermasalah ada kesalahan antara Dapodik dengan yang di bank. Tetapi semuaya sudah diverifikasi oleh bank dan operator sehingga sampai saat ini belum diadakan penyaluran."

Umar belum bisa memastikan kapan penyalurannya. Namun, lanjutnya, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa penyalurannya. (Bahrudin Sajim/Halmahera Selatan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.