Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Gelontorkan BLT UMKM, Begini Syarat dan Cara Mendapatkannya

 

 Tahun ini pemilik UMKM bakal
mendapatkan bantuan lagi dari pemerintah. Foto: istimewa

Jakarta -Guna membantu masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19, pemerintah kembali menyalurkan bantuan untuk pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Setelah bantuan Rp 2,4 juta diberikan tahun lalu, untuk tahun ini besaran bantuan hanya Rp 1,2 juta. Pemberian modal usaha ini merupakan program Bantuan Produuktif Usaha Mikro (BPUM) atau modal usaha.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan besaran dana yang diberikan dalam program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif ini sebesar Rp 1,2 juta atau dipotong 50 persen dibanding BLT UMKM sebelumnya yang mencapai Rp 2,4 juta.

”Anggaran tahun ini untuk UMKM bakal beda. Saat ini disetujui untuk 12,8 juta penerima dengan besaran Rp 1,2 juta untuk setiap UMKM,” ujarnya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI belum lama ini. 

Selain itu, pemerintah juga melakukan penambahan lembaga penyaluran BLT UMKM 2021. Jika sebelumnya lembaga yang menyalurkan hanya melalui BNI dan BRI.

Kini penyaluran dana BLT UMKM ditambah dengan Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan POS Indonesia.

Adapun lembaga pengusul BPUM 2021 ini dikurangi menjadi hanya dinas yang membidangi koperasi dan UMKM di tingkat kabupaten dan kota.

Sebelumnya ada 5 lembaga pengusul yang terdiri dari dinas yang bertanggung Jawab atas koperasi dan UKM hingga perbankan dan perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Untuk masyarakat cara untuk mengecek apakah pelaku UMKM mendapatkan dana BPUM ini bisa dengan mengakses eform.bri.co.id/bpum


Berikut langkah untuk mengecek BLT UMKM 2021: 

Masuk ke laman https://eform.bri.co.id/bpum

- Isi nomor KTP

- Masukkan kode verifikasi

- Klik proses inquiry

- Akan ada pemberitahuan apakah Anda termasuk penerima BPUM 2021 atau tidak


Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM (Permenkop UKM) No.2/2021 tentang Pedoman Umum Penyaluran BPUM, persyaratan untuk penermia BLTM UMKM 2021 yakni:

- Belum pernah menerima dana BPUM

- Telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya

- Pelaku Usaha Mikro tidak sedang menerima KUR

- Warga Negara Indonesia


Selain itu, pemilik UMKM wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan

Selain itu penerima BLT UMKM bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Polri, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD

Adapun cara mendaftar BPUM 2021,  pelaku UMKM bisa mengusulkan diri ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) tingkat kabupaten atau kota di wilayah masing-masing hinggga tanggal 31 Agustus 2021 dengan melampirkan:

- Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP Elektronik

- Nomor kartu keluarga

- Nama lengkap

- Alamat sesuai KTP

- Bidang usaha

- Nomor telepon. 

(RED)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.