Header Ads

https://bizlawnews.id/

Jelang Ramadhan, Harga Barito Naik di Halsel

Harga bawang, rica dan tomat (Barito) di Pasar Kota Labuha, Halmahera Selatan (Halsel) naik menjelang bulan Ramadhan. Pasokannya mengalami penurunan. Foto : Udi

Halsel - 
Harga bawang, rica dan tomat (Barito) pada sejumlah pasar di Kota Labuha Bacan Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara  dalam sepekan terakhir menjelang bulan Ramadhan mulai melonjak  naik.

Pantauan redaksi di pasar tradisional Desa Amasing Kota dalam sepekan terakhir, harga barito mulai bergerak naik. Kenaikan harga barito di Labuha diakibatkan karena pasokan jumlah barang yang mulai berkurang.

Amina Salah seorang pedagang barito di pasar tradisional saat ditemui mengaku, dalam sepekan terakhir harga bawang,rica dan tomat mengalami kenaikan.

Menurutnya, kenaikan harga barang  dipicu oleh pasokan barang yang agak berkurang semenjak bebepara pekan ini.

"Iya memang beberapa pekan ini memang harga barito sudah mulai naik, misalnya harga bawang yang biasanya diambil dengan harga Rp.30.000 sekarang menjadi Rp 40.000, harga rica yang biasanya dengan harga Rp 50.000-60.000 sekarang melonjak naik jadi Rp 70.000-80.000. Sedangkan harga tomat yang biasanya kita dikasih per karung Rp 150.000 sekarang melonjak sampai Rp 250.000-300.000," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan adanya harga barang yang variatif itulah sehingga pedagang juga jualan harus menyesuaikan.

Kalau tomat dan rica  kita ambil dari pengecer asli Bacan, sedangkan bawang kita ambil dari tangan ke tangan yang pasokannya dari manado. Tutupnya. (UDI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.