Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Kabinda Papua Gugur Tertembak KKB

Helikopter yang disiapkan untuk proses evakuasi jasad Kabinda Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya yang tewas tertembak, Minggu (25/4/2021). Foto: istimewa

Jakarta - Berita duka kembali terjadi di tubuh TNI. Kali ini, salah satu prajurit terbaik TNI AD yakni Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur tertembak dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Perwira tinggi (pati) TNI yang menjabat Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua  itu gugur tertembak di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak Papua, Minggu (25/4/2021).

Dari informasi yang didapatkan, Brigjen Danny tertembak oleh KKB saat pulang dari melakukan peninjauan lokasi pembakaran sekolah dan pemukiman warga yang dilakukan oleh gerombolan bersenjata itu belum lama ini.

Dilansir Antara, Minggu (25/4/2021) sore sekitar pukul 15.30 Waktu Indonesia Timur (WIT), diperoleh informasi tiba-tiba terdengar suara tembakan di Kampung Dambet. 

Pada saat itu rombongan Kabinda Papua beserta Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) TNI tengah dalam perjalanan pulang usai melaksanakan peninjauan sekolah dan rumah warga yang dibakar KKB menggunakan 4 unit sepeda motor.

Selanjutnya terdengar laporan melalui radio bahwa dalam rombongan yang dipimpin oleh Kabinda dan Satgaster terdapat satu personel terkena tembak

Ternyata satu personel yang dimaksud tertembak adalah Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Perwira tinggi (pati) TNI AD itu dilaporkan terkena tembak dan meninggal dunia di tempat kejadian.

Jenazah Brigjen Danny sudah dievakuasi Minggu sore (25/4/2021) ke Distrik Beoga, Kabupaten Puncak yang berjarak 3 kilometer (km) dari lokasi penembakan.
 
"Memang benar saat ini jenazah Brigadir Jenderal TNI Putu Dani sudah berada di Beoga, dan Senin (26/4) dijadwalkan dievakuasi ke Timika," ujar Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono kepada Antara, Minggu (25/4/2021) malam. 

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Inspektur Jenderal Mathius Fakhiri membenarkan kalau Brigjen Danny tewas tertembak.

"Memang benar Brigjen TNI Putu IGP Dani yang menjabat Kabinda Papua dilaporkan meninggal di Boega," ujar seperti dilansir dari Antara, Minggu (25/4/2021) malam.

Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Foto: istimewa

Rencananya, jenazah Brigjen Danny akan dievakuasi dari Distrik Beoga ke Timika esok hari, Senin  (26/4/2021). 

Menurut informasi yang dihimpun, jasad Brigjen Danny akan dievakuasi dari Beoga dengan menggunakan helikopter Caracal yang berangkat dari Timika, Senin, pukul 06.00 WIT. 

Setelah jenazah Brigjen Danny diperkirakan tiba di Timika sekira pukul 07.30 WIT, akan dilakukan pembersihan jenazah di Rumah Sakit (RS) Mitra Masyarakat Timika. Pembersihan jenazah diperkirakan akan memakan waktu 3 hingga 4 jam

Selanjutnya jenazah Brigjen Danny akan diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat Batik Air yang take off dari Timika pukul 12.55 WIT. Pesawat diperkirakan tiba di Jakarta pada pukul 15.25 WIB. (tim redaksi)

#kabinda papua tertembak
#bin
#tni ad berduka
#baku tembak dengan kkb
#pati tni gugur

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.