Header Ads

https://daihatsu.co.id/

MUI Keluarkan Fatwa Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa


Jakarta -
Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 pada saat Berpuasa. Fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

Berdasarkan fatwa tersebut direkomendasikan MUI agar pemerintah terus melakukan vaksinasi di bulan Ramadan demi mencegah penularan COVID-19. "Vaksinasi yang akan dilakukan di bulan Ramadan ini nantinya akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa," kata Jubir vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid pada Konferensi Pers secara virtual, Minggu (4/4).

Proses vaksinasi bisa dilakukan di siang hari pada saat umat muslim menjalankan ibadah puasa. Artinya, pemberian vaksinasi itu tidak membatalkan puasa. Vaksinasi tetap dilakukan baik untuk kalangan muslim maupun nonmuslim. Lebih lanjut, dia menjelaskan, puasa bermanfaat untuk detoksifikasi.

"Saya yakin walaupun dalam kondisi berpuasa, kondisi tubuh kita tidak berpengaruh terhadap pemberian vaksinasi," yakinnya. Tidak ada persiapan khusus dari pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi di bulan Ramadan.

Yang terpenting, lanjutnya, yang harus diperhatikan sebelum vaksinasi di bulam puasa adalah istirahat cukup dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang. "Untuk vaksinasinya sendiri kita tetap lakukan di pagi sampai sore hari. Mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari, asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadan," jelasnya lagi.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.