Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Pemerintah Siapkan Dana Stimulus UMKM April Ini

Untuk memulihkan UMKM, pemerintah pada April 2021 ini akan menggelontorkan stimulus senilai Rp400 miliar. Foto : Ist.

Jakarta
- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berjanji, Pemerintah akan menggelontorkan stimulus untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) senilai Rp400 miliar. Stimulus mulai dicairkan pada 20 April 2021.

Meski begitu, Luhut tidak menyebut berapa nilai stimulus UMKM yang akan digelontorkan. Sementara itu, pada periode Juni-Juli 2021, Pemerintah kembali menggelontorkan Rp2 triliun untuk stimulus di sektor wisata. Khususnya, program Bangga Berwisata di Indonesia. 

"Laporan yang saya dapat demand terus naik. Nanti juga nanti stimulus Rp400 miliar, tanggal 20 bulan ini akan diluncurkan. Dan juga Juni-Juli akan diluncurkan Rp2 triliun untuk (program) Bangga Berwisata di Indonesia," ujar Luhut dalam keterangan resminya, Selasa (6/4). 

Langkah tersebut bagian dari pelaksanaan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi COVID-19. Dia menambahkan, langkah tersebut adalah sikap proaktif Pemerintah untuk menggenjot pemulihan ekonomi dalam negeri.

"Ini saya pikir langkah-langkah pemerintah betul-betul proaktif untuk pendukung ekonomi kita lebih kuat," sebutnya. Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan stimulus Rp400 miliar bagi UMKM juga ditujukan bagi pelaku ekonomi kreatif. 

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk melakukan pendataan para pelaku ekonomi kreatif. "Stimulus Rp 400 miliar kami berkoordinasi sebagai dari itu akan juga menyasar sektor ekonomi kreatif karena merupakan bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI)," kata Menparekraf terpisah, Senin (5/4).

Selain itu, Menteri Sandiaga berharap adanya insentif bantuan ongkos kirim yang memberatkan bagi pelaku UMKM di daerah. "Sekarang sedang difinalisasi oleh Menperin dan Mendag agar harapan ongkir yang selama ini jadi beban bisa diselesaikan," ujarnya. 

Pihaknya juga telah berbicara dengan BUMN logistik PT Pos Indonesia (Persero) untuk mengeksekusi insentif kepada pelaku UMKM bidang ekonomi kreatif.

Diharapkan, penggelontoran dana itu bisa sampai ke pelaku UMKM dalam waktu dekat. Khususnya, menyambut momentum Ramadan dan Lebaran 2021. (tim redaksi)

#stimulus ekonomi
#stimulus umkm
#umkm
#ekonomi kreatif
#menko marves
#bangga buatan Indonesia
#bangga berwisata ke Indonesia
#menparekraf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.