Header Ads

https://bizlawnews.id/

Pengurus PB HMI 2021-2023 Dilantik; Geber Tiga Program Unggulan

 

Pelantikan jajaran PB HMI masa bhakti 2021-2023 yang digelar di Gedung Sasono Adhiguno, TMII, Jakarta Timur, Minggu (25/4/2021) malam. Foto: dok/pb hmi

Jakarta - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) resmi berganti. Kali ini, HMI dengan masa kepengurusan 2021-2023 di bawah kepemimpinan Raihan Ariatam resmi dilantik. 

Pelantikan itu dihelat di Gedung Sasono Adiguno Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (25/4/2021) malam. 

Raihan mengatakan ada tiga program utama HMI dibawah kepemimpinannya, yakni HMI Digital, HMI Incubator Entrepreneurship dan meneguhkan komitmen ke-Islaman dan ke-Indonesiaan.

Raihan Ariatam mengatakan, program-program tersebut ditujukan agar PB HMI bisa mewarnai dan menjadi aktor revolusi industri 4.0 serta untuk mencapai tujuan HMI

Ia juga mengatakan PB HMI akan melakukan reformasi birokrasi berbasis digital dengan tata kelola organisasi yang efektif dan efisien

”HMI Digital itu untuk mengefisienkan dan mengefektifkan kerja-kerja organisasi, digitalisasi adalah sebuah kebutuhan,” kata Raihan dalam sambutan pelantikannya.

Raihan juga  mengatakan bersama pengurus PB HMI akan menyusun manajemen pelatihan virtual. Lewat pelatihan virtual ini sistem kaderisasi akan dirancang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman.

”Bentuk kehadiran yang lain, yakni kehadiran virtual, sangat dimungkinkan diterapkan dalam kaderisasi,” ujarnya.

Pria yang tengah kuliah di Paska Sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga menambahkan, lewat program HMI Incubator Entrepreneurship akan menjadikan kader-kader HMI sebagai penggerak ekonomi bangsa.

Jadi kader HMI hingga tidak hanya berorientasi sebagai komunitas intelektual tetapi bagaimana menghadirkan keadilan ekonomi bagi bangsa Indonesia.

”HMI tidak sekadar menjadi komunitas intelektual, melainkan juga menjadi komunitas ekonomi yang berorientasi pada keadilan ekonomi. Bukan sekadar pada pemaksimalan laba sebagaimana dalam sistem kapitalisme, melainkan berorientasi pada semangat sosial dan pemerataan ekonomi,” paparnya juga.

Sedangkan salah satu pengurus yang dilantik adalah Rifal Maulana selaku Ketua Bidang Pengembangan Profesi PB HMI.

Rifal  mengatakan agar seluruh kader HMI kedepannya memiliki kompetensi dan keahlian di bidang dan disiplin ilmu yang dimiliki dan pada pilihan jurusan di tiap-tiap kampus.

Rifal Maulana,  Ketua Bidang Pengembangan Profesi PB HMI. Foto: istimewa

”Karena dalam menjemput era emas Indonesia, kader HMI harus memiliki kemampuan yang profesional di bidangnya. Agar kita mampu mengejawantahkan problem kebangsaan dan keummatan,” ujar Rifal dalam keterangannya, Minggu (25/4/2021).

Rifal juga mengatakan bahwa HMI sebagai organisasi yang sudah banyak melahirkan generasi dan pemimpin bangsa ini mesti senantiasa memperbaharui cara kerja agar mampu menjawab tantangan zaman.

”Dengan adanya badan koordinasi yang dimiliki HMI, seperti LKMI, LAPMI, Lapenmi, LTMI, LDMI, LKBHMI, LBMI, LEMI, Leppami, maka kader himpunan mahasiswa Islam memiliki kualitas insan cita sesuai dengan tujuan mulia HMI yakni lima kualitas insan cita,” tandasnya. (RED)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.