Header Ads

https://bizlawnews.id/

Saksikan Pembuatan Kopra Putih, Dandim 1509/Labuha Harapkan Jajarannya dapat Membantu Masyarakat Tingkatkan Taraf Hidup

Dandim 1509/Labuha Letkol Inf. Untung Prayitno, SIP, M.Han saksikan proses pembuatan kopra putih. Ia berharap pihaknya mampu mendampingi dan membina masyarakat untuk meningkatkan kualitas produk kopra putih sehingga taraf hidupnya menjadi meningkat. Foto : Humas

Labuha -
Komandan Kodim (Dandim) 1509/Labuha Letkol Inf. Untung Prayitno.S.I.P., M.Han pada Minggu (25/4) melaksanakan kegiatan kunjungan ke Desa Saketa, Kecamatan Gene Barat, Halmahera Selatan untuk melihat langsung proses pembuatan kopra putih.

Pada kesempatan itu, Dandim didampingi jajaran Koramil 1509-03/Saketa  saat melihat-lihat tempat pengolahan kopra putih milik Badar (47 tahun), yang merupakan Mitra Koramil 1509-03/Saketa. 

Ditempat pengolahan Dandim 1509/Labuha beserta Rombongan langsung melihat cara pengolahan kelapa hingga menjadi Kopra Putih yang siap diolah dan dijual ke pengumpul hasil bumi. 

Badar, pada saat itu mengatakan, Kopra putih lebih bernilai ekonomis tinggi dari pada kopra hitam, karena proses pengolahannya yang sangat rumit dan membutuhkan waktu. 

Ia juga mengungkapkan, para petani kopra putih di Halmahera Selatan masih sangat sedikit, sehingga para petani kopra masih menggunakan tehnik pengasapan dari tempurung dan sabut kelapa itu sendiri. 

Perlu diketahui, kopra hitam yang dihasilkan seringkali masih mengandung kadar air tinggi dan bisa mengurangi mutu kualitas kopra hitam.K

Kecamatan Gane Barat dikenal sebagai banyak memiliki pohon kelapa, sehingga banyak penduduk yang mengolahnya menjadi kopra.

Dandim 1509/Labuha Letkol Inf. Untung Prayitno mengatakan pihaknya sangat bangga dengan usaha masyarakat di sana. Pihaknya meminta agar jajaran Koramil 1509-03/Saketa dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas kopra yang dihasilkan. 

"Diharapkan dengan meningkatnya kualitas kopra yang dihasilkan dapat meningkatkan pula ekonomi masyarakat," papar Letkol Inf. Untung Prayitno, SIP, MHan. (UDI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.