Header Ads

https://bizlawnews.id/

Akhirnya Gencatan Senjata Terjadi di Jalur Gaza; Warga Rayakan dengan Takbir

Warga Gaza rayakan kemenangan setelah terjadi kesepakatan gencatan senjata Jum'at (21/5/2021). Foto : Reuters. 

PALESTINA 
- Gema takbir berkumandang di seluruh Jalur Gaza, Palestina, usai disetujuinya gencatan senjata antara Israel dan Palestina atas prakarsa Mesir dan didukung Amerika, Jumat (21/5/2021) dinihari. 

Pekikan takbir menggema di Jalur Gaza, "Allahu Akbar... Allahu Akbar... Allahu Akbar",  usai tak ada lagi peluru kendali (rudal) yang ditembakkan dari pesawat tempur dan drone milik Israel serta muntahan peluru artileri dari kendaraan berat peluncur yang ada berada di dekat perbatasan Israel-Palestina. 

Jumat (21/5/2021), dini hari waktu setempat, Israel dan Hamas menyatakan gencatan senjata.

Youmna al-Sayed, jurnalis Al Jazeera, yang melaporkan dari lokasi, mengatakan warga Jalur Gaza, Palestina merayakan gencatan senjata ini di jalan-jalan. ”Mereka mulai bersorak dan bersorak 'Allah Maha Besar', bagi mereka hari ini adalah hari pertama Idul Fitri," tulis al-Sayed dalam laporannya.

Di Tel Al-Hawa, Kota Gaza, orang-orang saling berpelukan dan merayakan gencatan senjata ini. "Hari ini adalah saat Idul Fitri dimulai. Ya, kami turut berduka cita dan sedih atas orang-orang kami yang kehilangan rumah dan kerabatnya, namun meskipun demikian, kami akan merayakannya," kata warga setempat Ahmed Amer, dikutip dari Reuters.

Mobil memenuhi jalan-jalan utama Gaza, pengemudi membunyikan klakson dan mengibarkan bendera Palestina dari jendela. Menurut laporan Reuters, kembang api diluncurkan di Sheikh Jarrah, tempat di mana sejumlah keluarga Palestina yang tersisa mempertahankan diri dari penggusuran paksa oleh militer Israel.

Seperti diketahui agresi Israel ke Palestina dimulai di hari-hari terakhir Ramadan. Alhasil warga Palestina yang mayoritas beragama Islam tidak bisa merayakan Idul Fitri dengan perasaan gembira.

Pihak berwenang Israel menyebutkan jumlah korban tewas di Negeri Zionis itu mencapai 12 orang dan ratusan lainnya dirawat akibat serangan roket pejuang Hamas.

Sedangkan pejabat kesehatan Gaza mengatakan 232 warga Palestina, termasuk 65 anak-anak, tewas dan lebih dari 1.900 terluka akibat serangan udara Israel. Israel juga mengklaim peluru kendali yang ditembakan ke Jalur Gaza telah menewaskan sedikitnya 160 pejuang Hamas. (tim redaksi)


#gencatan senjata israel-palestina
#gencatan senjata tanpa syarat
#warga jalur gaza rayakan kemenangan
#pejuang hamas
#warga jalur gaza rayakan idul fitri yang tertunda

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.