Header Ads

https://bizlawnews.id/

Awas! Instansi Yang Tidak Capai Target PAD di Pemkab Pati Akan Memakai Rompi

Hal unik yang diterapkan di lingkungan Pemkab Pati, yakni apabila ada instansi yang tidak maksimal dalam pencapaian target PAD, maka kepala instansinya akan mengenakan rompi sebagai salah satu cara memotivasi agar kinerjanya lebih baik lagi. Foto : Ist.

PATI
- Ternyata untuk pemakaian rompi tidak hanya berlaku bagi tahanan atau pelaku yang tersandung kasus yang akan digiring ke tahanan saja, namun sanksi bagi instansi teknis di Pemerintah Kabupaten Pati yang tidak bisa mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati Turi Atmoko kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pemakaian rompi bagi instansi yang tidak mencapai target PAD itu sebagai bentuk motivasi agar bisa mencapai target yang ditetapkan, bahkan pemakaian ini diberlakukan juga bagi instansi yang penyerapan anggarannya rendah.

"Kalau tidak bisa capai target, dan penyerapan anggarannya rendah, maka akan diberi rompi selama 3 bulan sampai penyerapan berikutnya, dan ini dilakukan sebagai bentuk motivasi agar bisa mencapai target," ujarnya.

Untuk pemakaian rompi, lanjut Turi, yang sudah menggunakan yakni Camat Margorejo, hanya saja yang bersangkutan sudah pindah ke Kayen, sehingga penggantinya yang melanjutkan untuk memenuhi target yang ditetapkan.

"Kalau camat Margorejo dulu memakai rompi, tapi yang bersangkutan sudah pindah ke kayen," ujarnya.  

Peran camat sangat signifikan untuk memberikan  motivasi kepada masyarakat dalam hal pembayaran wajib PBB, sehingga harus bisa memberikan kepatuhan bagi masyarakat, meski PBB-nya hanya sedikit, tapi jangan dilihat dari sedikitnya, namun kepatuhannya, dan itu tugas camat yang harus memberikan motivasi. Apalagi desa yang dianggap lunas untuk membayar pajak akan diberikan penghargaan yang akan diundi sebagai bentuk motivasi. 

"Desa yang lunas PBB-nya akan diberikan penghargaan, sebesar 8 persen dan wajib pajak akan diundi yang beruntung akan mendapatkan hadiah, dan undiannya akan diacak di Pendopo Kabupaten Pati," cetusnya. (WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.