Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Kemenhub Sebut 1,5 juta Warga Jabodetabek Mudik Meskipun Ada Pelarangan

 

Ratusan pemudik menggunakan motor terjebak kemacetan di Subang. Foto: antara

Jakarta -Sebanyak 1,5 juta orang terpantau keluar dari wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) hingga hari pertama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

Banyaknya pemudik yang tetap pulang ke kampung itu meski ada larangan dari pemerintah diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

”Dari pos monitoring, lebih dari 1,5 juta orang keluar dari Jabodetabek menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan menuju Sumatera via Lampung. Khususnya perjalanan darat dan melalui penyeberangan,” ujarnya Kamis (13/5/2021).

Adita juga mengatakan, jumlah mobilitas masyarakat yang keluar dari Jabodetabek ini menurun di banding masa pengetatan mudik.

Menurut dia juga, di masa peniadaan mudik ini, kebanyakan masyarakat sadar akan larangan mudik yang diberlakukan pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona.

”Dari catatan kami dari tanggal 22 April sampai 11 Mei 2021, tercatat di masa peniadaan mudik, penurunan aktivitas perjalanan menggunakan transportai umum sangat singifikan (dibanding masa pengetatan mudik),” katanya juga.

Dia juga menyebut, adapun prosentasenya untuk perjalanan darat menurun hingga sekitar 86 persen, penyebarangan laut 62 persen, kereta api 88 persen, dan perjalanan udara menurun hingga 93 persen.

Menurutnya juga, berdasarkan hasil survei yang dia terima, mobilisasi masyarakat akan kembali naik pada H+3 dan H+7 usai Idul Fitri. Yakni pada tanggal 16 Mei 2021 dan 20 Mei 2021.

Untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat yang akan menuju Jabodetabek, Adita menyatakan akan meningkatkan tes COVID-19.

”Tentu menghadapi hal itu harus dilakukan langkah antisipasi, yaitu meningkatkan tes random kepada para pengguna angkutan jalan baik itu roda dua dan kendaran pribadi roda empat, yang pakai akses jalan tol, arteri, dan jalan-jalan kecil,” tandasnya. (WF/RED)

#larangan mudik
#1,5 juta warga tinggalkan jabodetabek
#kementerian perhubungan
#arus mudik
#juru bicara kemenhub adita irawati

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.