Header Ads

https://bizlawnews.id/

Vaksin Moderna Disebut Bisa Diberikan ke Penderita Autoimun dan Kormobid

Vaksin moderna yang berbasis mRNA bisa diterapkan pada penderita autoimun dan memiliki kormobit. Foto : Ist.

JAKARTA -
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merespon pemberian vaksin merk Moderna untuk orang dengan autoimun dan komorbid. Pemberian vaksinasi tersebut dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menegaskan, vaksin Moderna aman untuk diberikan kepada masyarakat. Termasuk kepada penderita autoimun dan komorbid.

"Aman ya (diberikan kepada orang dengan autoimun dan komorbid)," ujar Nadia.

Dia pun menjelaskan, vaksin Moderna tidak spesifik disiapkan khusus hanya untuk orang dengan autoimun dan komorbid. Masyarakat lain pun bisa menerimanya. Karena itu, masyarakat yang belum mendapatkan vaksin juga bisa divaksin dengan Moderna.

"Sebenarnya vaksin ini tidak khusus untuk orang autoimun atau komorbid, tapi bagi masyarakat yang saat ini belum dapat (vaksin), bisa menggunakan paltform mRNA," jelas dia.

Sebelum menerima vaksin kondisi kesehatan pun harus diperiksa. Karena itu, orang dengan autoimun dan komorbid juga harus mendapat persetujuan dokter untuk menerima vaksin. "Jadi sebaiknya ada surat keterangan kelayakan dari dokter yang merawat," tandas dia.(RED)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.