Header Ads

https://bizlawnews.id/

BPJS Kesehatan Pati Sebut Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 Turun

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pati, Dany Saputra, saat memberikan keterangan dihadapan wartawan, Senin (20/9). Foto : Wisnu.

PATI
- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pati menyelenggarakan pertemuan dengan sejumlah awak media, Senin (20/9/2021). Pertemuan itu dilaksanakan di Hotel Pollos Jl Jendral Sudirman 158 Rembang. 

Kegiatan tersebut, menurut Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Pati Dany Saputra, untuk menjalin harmonisasi program JKN-KIS bersama media. 

Ia mengatakan, cakupan peserta BPJS di wilayah kantor Cabang Pati mencapai 79 persen yang terdaftar, yang terdiri 3 Kabupaten, meliputi untuk wilayah Kabupaten Rembang 89 persen, Kabupaten Pati 80 persen, dan Kabupaten Blora 72 persen.

"Untuk cakupan ini belum bisa secara keseluruhan, dan kita masih terus melakukan sosialisasi," ungkapnya.

Di masa pandemi, lanjutnya, pemanfaatan pelayanan kesehatan di BPJS Kesehatan mengalami penurunan. Hal itu terjadi karena terkendala dengan masa pandemi covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 lalu.

"Pemanfaatan pelayanan kesehatan turun karena covid-19, dan itu disebabkan adanya pembatasan dan pengurangan kunjungan ke fasilitas kesehatan, namun kita pastikan kenaikan pelayanan akan naik ketika situasi sudah normal kembali," ujarnya.

 Selama ini, BPJS kesehatan ikut berperan di masa pandemi Covid19. Pemerintah memberikan tugas untuk melakukan verifikasi terhadap pasien untuk memberikan klaim ke rumah sakit atas pemberian pelayanan covid-19 kepada pasien.

"Pemerintah memberikan tugas ke BPJS Kesehatan, untuk memberikan kleim pasien ke Rumah Sakit," pungkasnya. (WIS).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.