Header Ads

https://bizlawnews.id/

Peringati Dua Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin; BEM SI Gelar Demo Dekat Istana

Mahasiswa dari BES Seluruh Indonesia menggelar demo di dekat Istana Negara, Kamis (21/10). Mereka meneriakkan evaluasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin yang dinilai gagal dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Foto : Ist. 

Jakarta -
 Suasana ibu kota kali ini sedikit mengalami kenaikan suhu politik. Betapa tidak, dua tahun Pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin, diperingati oleh mahasiswa dengan aksi unjuk rasa.

Kamis, 21 Oktober 2021, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia menggelar aksi dengan menyampaikan sedikitnya 12 tuntutan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

Dalam aksi tersebut, setidaknya lebih dari 450 mahasiswa turun ke jalan untuk menyampaikan 12 tuntutan kepada Presiden Joko Widodo yang telah menjabat selama tujuh tahun sejak 2014. "Bertepatan dengan 20 Oktober 2021, tujuh tahun sudah Jokowi memimpin pemerintahan negeri ini. 

Namun, banyak janji-janji kampanye yang harus dipenuhi," kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Kaharuddin di kawasan silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

Kaharuddin menyampaikan ada 12 tuntutan yang disampaikan, antara lain mendesak pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah pengganti untuk membatalkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. 

Mahasiswa juga menuntut diberhentikannya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK dan mengembalikan marwah lembaga tersebut dalam agenda pemberantasan korupsi.
Hingga siang sekitar pukul 13.00 WIB, aksi masih berlangsung di Kawasan Patung Kuda, Silang Monas Jakarta Pusat. 

Ratusan mahasiswa awalnya berencana mengadakan aksi di depan Istana Negara, namun aparat kepolisian mengarahkan untuk tetap di Kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Situasi lalu lintas sekitar lokasi aksi pun masih berjalan lancar mengingat polisi hanya akan melakukan penutupan jalan secara situasional. (RD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.