Header Ads

https://bizlawnews.id/

DKI Jakarta Level 1, Mal dan Restoran Diizinkan Buka Hingga Pukul 22.00 WIB dengan Kapasitas 100 Persen

PPKM DKI Jakarta turun ke level 1, mal dan restoran diizinkan buka hingga pukul 22.00 WIB dengan kapasitas 100 persen. Foto : Ist.

Jakarta -
Keputusan Pemerintah untuk melanjutkan PPKM hingga 15 November 2021 seperti diprediksikan sebelumnya. Meskipun angka positif covid-19 sebagian besar daerah melandai, namun pada beberapa daerah mengalami penurunan level. 

Provinsi DKI Jakarta misalnya, turun ke Level 1. Akhirnya, dengan kondisi itu, pusat perbelanjaan dan restoran di Jakarta diizinkan buka sampai pukul 22.00 WIB dengan kapasitas pengunjung mencapai 100 persen. 

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam beleid itu, pusat perbelanjaan, mal, pusat perdagangan di daerah yang masuk dalam kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 boleh buka sampai malam. DKI Jakarta merupakan salah satu daerah yang sudah ditetapkan pemerintah masuk kategori PPKM level 1.

"Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal seratus persen sampai dengan pukul 22.00," tulis aturan tersebut. Dalam aturan sebelumnya, pusat perbelanjaan di wilayah PPKM Level 1 hanya diperbolehkan membuka usahanya hingga pukul 21.00 malam dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Supermarket dan toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari dapat menerima 100 persen pengunjung. Selain itu, pusat perbelanjaan juga harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Anak-anak diizinkan untuk memasuki pusat perbelanjaan, namun dengan didampingi oleh orang tua. Tempat bermain bagi anak juga diperbolehkan dengan syarat menuliskan alamat dan nomor telepon untuk keperluan tracing.

Bioskop juga dapat menerima pengunjung hingga 70 persen dengan syarat aplikasi PeduliLindungi pengunjung berwarna hijau atau kuning. Selain itu, makan ditempat (dine in) di bioskop diperbolehkan dengan kapasitas 75 persen.

Selain Jakarta, sejumlah daerah di Jawa dan Bali juga sudah masuk ke wilayah PPKM Level 1. Di antaranya Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang di Banten. Kota Bogor, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, dan Kabupaten Bekasi di Jawa Barat. Kota Tegal, Kota Semarang, Kota Magelang, dan Kabupaten Demak di Jawa Tengah. 

Lalu, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Blitar, dan Kota Pasuruan di Jawa Timur. Sedangkan, seluruh kabupaten/kota di Jogjakarta dan Bali masih berstatus PPKM Level 2.(RD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.