Header Ads

https://bizlawnews.id/

Rapat Paripurna DPRD Kaltim Akhirnya Putuskan Pergantian Ketua Dewan

Akhirnya rapat paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Timur menyetujui pergantian Ketua Dewan dari Makmur HAPK kepada Hasanuddin Mas'ud, Selasa (2/11). Foto : Ist.

Samarinda -
Pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) resmi berganti. Itu terjadi setelah DPRD Kaltim menggelar Rapat Paripurna terkait persetujuan tentang pengumuman pergantian ketua dewan dari Makmur HAPK kepada Hasanuddin Mas’ud, Selasa (2/11/2011).

Pembacaan keputusan dilakukan setelah melalui perdebatan alot selama beberapa jam serta diwarnai walk out dari ruang sidang yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Seno Aji. Surat Nomor 161/II.1-1320/SET-DPRD tentang Keputusan Pergantian Ketua DPRD Kaltim dibaca Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kaltim Muhammad Ramadhan. 

”Dasar dan seterusnya. Memperhatikan dan seterusnya. Berdasarkan ketentuan-ketentuan hal-hal tersebut di atas dengan ini kami umumkan persetujuan pergantian antar waktu Pimpinan DPRD sisa masa jabatan 2019-2024,” terang Ramadhan.

”Sebagai berikut. Semula nama Drs. H. Makmur HAPK SE. MM dari Fraksi Partai Golongan Karya sebagai Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur menjadi Nama H. Hasanuddin Mas’ud. S.Hut., ME dari Fraksi Partai Golongan Karya sebagai calon pengganti Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur,” sambung Ramadhan juga. 

Adapun untuk proses administrasi, ujar Ramadhan lagi, berkaitan dengan pertimbangan tersebut di atas diatur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. ”Demikian untuk diketahui. Samarinda 2 November 2021 Wakil ketua 1 M Samsun.SE., Msi,” tandas Ramadhan juga. 

Sesudah pembacaan keputusan pergantian Ketua DPRD Kaltim, Rapat Paripurna ke-25 itu, lalu dibacakan juga pengesahan revisi agenda DPRD Kaltim masa sidang III tahun 2021, penyampaian laporan akhir kerja Pansus Pembahasan Perda Ketahanan Keluarga disertai persetujuan DPRD terhadap Raperda Ketahanan Keluarga dan Pendapat Akhir Gubernur Kaltim. 

Sidang paripurna yang mengganti dirinya itu tanpa dihadiri Makmur HAPK. Sidang dipimpin oleh tiga Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, Sigit Wibowo dan Seno Aji. 

Sengitnya perdebatan dalam proses pengambilan persetujuan itu diwarnai saling balas argumen. Seno Aji, wakil ketua DPRD Kaltim memilih walk out di ujung perdebatan atau sesaat setelah ketok palu persetujuan oleh kuorum sidang. 

”Demikian Surat Keputusan DPRD yang dibacakan Sekretaris DPRD Kaltim. Dengan segala polemik atau dengan mekanisme yang sudah kita pertimbangan bersama sehingga kita putuskan menjadi ketetapan rapat paripurna ke 25 pada hari ini (2/11/2021),” ujar Wakil Ketua DPRD Kaltim Samsun.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.